1. orang satu dengan orang lainnya.- Komunikasi organisasi

Topics: EngineeringInternet

Type:

Sample donated:

Last updated: August 28, 2019

1. a. – Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang dilakukan dari diri sendiri untuk diri sendiri. Komunikasi ini bertujuan untuk berpikir dan mengoreksi apa yang akan kita lakukan/katakan sebelum diungkapkan kepada orang lain.

Konsep ini dilakukan agar kita menjadi lebih percaya diri dan tidak ragu jika diajak orang untuk berkomunikasi.- Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung antara dua orang. Tujuan melakukan komunikasi interpersonal adalah untuk mengetahui bagaimana umpan balik yang dilakukan, dan ungkapan perasaan yang dia tunjukkan.

– Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang dilakukan antara orang satu dengan sekelompok orang yang jumlah kelompoknya dua orang atau lebih. Komunikasi ini mempunyai banyak tujuan. Misalnya untuk mengetahui pengalaman hidupnya, latar belakang, dan pendidikan yang ditempuh yang berbeda-beda tiap orangnya. Komunikasi kelompok ini dilakukan agar bisa menjaga silahturahmi, untuk berdiskusi tentang apa yang mau dilakukan atau dicapai dan dapat mempererat hubungan orang satu dengan orang lainnya.

– Komunikasi organisasi adalah komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih yang berada disuatu organisasi baik untuk bertukar informasi maupun untuk mempererat suatu hubungan. Komunikasi ini bersifat formal dan informal. Tergantung dengan organisasi yang dibuat.

Karena hanya orang-orang yang berada di organisasi itu yang dapat berkomunikasi. Organisasi biasanya mempunyai anggota yang lebih besar dibandingkan kelompok.- Komunikasi publik adalah komunikasi yang dilakukan secara luas dan menyeluruh. Komunikasi ini dilakukan oleh orang-orang yang diketahui oleh publik dan biasanya memiliki peran yang penting. Komunikasi ini dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Komunikasi publik bertujuan untuk menyampaikan pesan yang berupa ide atau gagasan, berbagi informasi untuk banyak orang. – Komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan dimana sekelompok orang atau sekelompok organisasi membuat sebuah pesan yang berisi informasi penting maupun hiburan. Komunikasi massa membagikan pesannya melalui media massa untuk banyak orang agar semua orang dapat mengetahui maksud dan tujuan pesan itu. Biasanya, komunikasi ini disebar dengan cara melalui radio, televisi, film. Sehingga semua orang dapat mengetahui isi pesan itu dimanapun mereka berada.- Komunikasi antar budaya adalah komunikasi yang dilakukan antar satu orang dengan orang lainnya yang memiliki kebudayaan berbeda-beda.

Komunikasi ini dapat dilakukan secara pribadi, antarpribadi, dan kelompok. Komunikasi ini bertujuan agar dapat mengetahui latar belakang dan budaya apa yang dimiliki antar satu orang dengan orang yang lainnya.b. – Karakteristik yang dimiliki oleh komunikasi intrapersonal adalah: komunikasi ini dilakukan oleh diri sendiri dan untuk diri sendiri. Mengoreksi dan memahami diri sendiri harus kita lakukan supaya kita dapat mengerti apa yang akan kita bicarakan kepada orang lain.

Dengan komunikasi ini, kita lebih dapat menghargai diri sendiri karena apa yang kita lakukan sudah dipikirkan matang-matang terlebih dahulu.- Karakteristik yang dimiliki oleh komunikasi interpersonal adalah: komunikasi ini dilakukan oleh orang satu dengan orang yang lainnya bertujuan untuk bertukar pikiran dan berbagi informasi. Komunikasi ini dilakukan agar kita dapat mengetahui karakter orang lain dan apa maksud yang orang lain katakan.- Karakteristik yang dimiliki oleh komunikasi kelompok adalah: komunikasi ini dilakukan agar orang-orang yang berada di suatu kelompok dapat memahami sifat anggota satu sama lain. Kelompok ini mempunyai sifat yang kohesif, yaitu memiliki rasa kebersamaan yang tinggi dan memiliki ikatan yang kuat.-  Karakteristik yang dimiliki oleh komunikasi organisasi adalah: komunikasi organisasi berbeda dengan organisasi kelompok. Komunikasi organisasi ini berada di lingkungan yang lebih luas dibandingkan kelompok. Komunikasi ini bersifat formal, karena orang-orang didalam organisasi saja yang dapat berkomunikasi.

Biasanya komunikasi organisasi mempunyai tujuan dan masalah yang dibahas didalamnya untuk kemajuan organisasinya.- Karakteristik yang dimiliki oleh komunikasi publik adalah: komunikasi ini dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai peran penting didalam lingkungan masyarakat. Karena, jika orang yang menyampaikan informasi adalah orang yang penting maka masyarakat akan mendengar dan menerima apa yang telah disampaikan.- Karakteristik yang dimiliki oleh komunikasi massa adalah: komunikasi ini dibuat oleh sekelompok orang atau organisasi melalui media massa untuk dibagikan kepada masyarakat agar masyarakat mengerti pesan apa yang disampaikan.

– Karakterisik yang dimiliki oleh komunikasi antar budaya adalah: komunikasi ini bertujuan untuk saling bertukar budaya, mengetahui budaya orang lain yang mereka miliki. 2. a. Budaya adalah suatu sifat atau perilaku yang kita lakukan sehari-hari secara terus menerus yang bersifat abstrak.

Budaya yang dimiliki atau dianut biasanya sudah dilakukan secara turun menurun. Budaya bersifat kompleks, abstrak dan luas. Setiap orang yang berada di lingkungan masyarakat mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda.

Budaya juga mempengengaruhi sikap dan perilaku kita.  Kadang, orang sangat sulit mempelajari kebudayaan baru karena tidak terbiasa akan hal itu. Tidak hanya sulit mempelajari kebudayaan lain, tetapi biasanya orang satu tidak mudah berbicara dengan orang lain yang mempunyai kebudayaan yang berbeda. Kita harus memahami dan mengerti semua kebudayaan yang ada.Perwujudan budaya antara lain: religi, seni, bahasa, pola perilaku, organisasi sosial, dan masih banyak lagi. Kita tidak boleh mengejek dan mencela kebudayaan lain yang kita anggap tidak cocok dengan kebudayaan kita. b. Budaya dapat mempengaruhi komunikasi dan komunikasi dapat mempengaruhi budaya.

Karena budaya orang-orang dapat melakukan komunikasi. Budaya dapat memberikan pengaruh dalam bagaimana cara kita dapat melakukan komunikasi. Contohnya, orang yang memiliki kebudayaan A berbeda cara berkomunikasinya dengan orang yang memiliki kebudayaan B. Pengaruh tersebut muncul karena faktor lingkungan dimana tempat kita berasal dan tinggal. Jika ada budaya yang tidak dikenal oleh masyarakat berarti masyarakat itu kurang melakukan komunikasi dan pengenalan terhadap dunia luar.

Hal yang beginilah yang menyebabkan budaya itu hilang dan terhapus oleh waktu. Kita harus mempertahankan budaya kita sendiri, karena kebudayaan itulah yang menjadikan ciri khas untuk kita sendiri. Kita harus bangga dengan budaya yang kita miliki meskipun mempunyai dampak positif dan dampak negatif, karena nenek moyang kita yang memberikan kebudayaan itu dan kita mempunyai kewajiban untuk menjaganya. Budaya dan komunikasi mempunyai keterkaitan satu sama lain. Karena, tanpa adanya komunikasi banyak orang yang tidak mengenal budaya dan tidak bisa memiliki kebudayaan.

Begitu pula sebaliknya, tanpa adanya budaya yang dimiliki orang-orang juga tidak berkomunikasi. c. Karena banyaknya budaya setiap orang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Perbedaan yang ada bukanlah sebagai alat perpecahan. Sikap terbaik yang dapat kita lakukan adalah kita harus memilih mana budaya yang baik mana budaya yang tidak patut untuk ditiru dan dilakukan. Jika budaya lain cocok dan mempunyai pengaruh positif untuk diri kita, kebudayaan itu bisa diterima dan kita bisa belajar kebudayaan baru. Namun sebaliknya, jika kebudayaan lain mempunyai pengaruh negatif terhadap diri kita, kita harus tetap menghargai kebudayaan itu meskipun kebudayaannya berlawanan dengan kebudayaan kita. Selain itu, kita tidak boleh menyalahkan budaya lain yang memiliki pengaruh negatif.

Kita harus menghargai dan mengoreksi budaya kita sendiri apakah budaya kita sudah baik atau masih kurang. Belum tentu orang lain dapat menerima dan menganggap budaya kita juga baik.Contohnya:  Teguh adalah anak dari keturunan keraton, yogyakarta. Teguh memiliki kebudayaan yang sopan dan lemah lembut. Teguh juga memiliki peraturan jika dia tidak boleh pulang lebih dari jam 9 malam. Berbeda dengan Yudhis, yudhis adalah anak dari keturunan bule.

Yudhis tidak pernah dimarahi jika dia pulang telat. Yudhis adalah anak yang bandel. Dia suka berbicara kasar, mabuk-mabukan dan sering pulang hingga larut malam.

Meski mempunyai kebudayaan yang berlawanan, Teguh dan Yudhis tetap berteman baik. Mereka dapat berteman dengan baik karena mereka saling mengerti kebudayaan satu sama lain. 3. a.  Teknologi adalah suatu alat atau sarana yang ada dan diciptakan guna untuk memenuhi kebutuhan dan kenyaman manusia. Teknologi muncul sekitar abad ke 20. Teknologi menjadikan semuanya serba mudah, karena eknologi diciptakan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Maka dari itu, teknologi ikut terlibat dalam kehidupan sehari-hari kita.

Teknologi mempunyai banyak manfaat, diantaranya digunakan untuk: berkomunikasi, untuk transportasi, infrastruktur, dan masih banyak lagi. Teknologi terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Teknologi selalu berkembang mengikuti kebiasaan kita dan kita sendiri-lah yang menciptakan teknologi itu. Banyak teknologi yang dihasilkan manusia, contohnya: mobil, handphone, laptop, dan masih banyak lagi. Teknologi itulah yang membuat manusia dengan mudahnya berhubungan satu sama lain. Jika tidak ada teknologi, mungkin manusia tidak bisa melakukan apa-apa dengan cara yang mudah.

Mereka harus menempu cara yang sangat susah tanpa adanya teknologi.  b. Iya, karena teknologi komunikasi membawa banyak pengaruh untuk kehidupan yang sekarang.

Dengan adanya teknologi komunikasi, manusia menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya. Dari dulu hingga sekarang, banyak sekali perubahan yang terjadi dalam teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi digunakan untuk bertukar informasi, bertukar kabar, menyampaikan ide hanya dengan melalui telfon seluler.

Sebelum adanya teknologi, manusia berkomunikasi melalui telepati atau kadang-kadang mengirim surat lewat burung. Dengan menggunakan handphone atau telepon genggam, dengan mudahnya kita dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa melalui tatap muka. Jarak dan waktu tidak dapat memhambat kita lagi untuk melakukan komunikasi. Kita bisa melakukan video call agar kita dapat bertatap muka dengan orang yang kita ingin temui tetapi terhalang jarak dan waktu. Komunikasi juga berhubungan erat dengan teknologi.

Tanpa adanya komunikasi antara orang satu dan lain, mereka tidak akan bisa menciptakan teknologi karena mereka tidak bisa bertukar pikiran dan berbagi informasi. c. Teknologi dapat membawa pengaruh positif dan juga dapat membawa pengaruh yang negatif. Begitu juga dengan teknologi komunikasi. Dampak positif dari teknologi komunikasi yang terus berkembang adalah kita lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain, mengungkapkan pikiran dan perasaan, membagi informasi dengan hanya melalui telefon genggam ataupun melalui internet. Tidak perlu lagi untuk bertemu dan saling bertatap muka. Peluang dari teknologi komunikasi ini juga sangat banyak. Misalnya, kita dapat jual beli barang kepada orang yang berbeda negara hanya dengan melalui telefon dan uang yang kita terima dan kirim hanya dalam melalui transfer.

Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. Ya, itulah tantangan yang dialami masyarakat kontemporer sekarang ini. Dari sinilah, kita dapat melihat sejauh apakah masyarakat dapat hidup jika tanpa adanya teknologi komunikasi. Terkadang, dengan adanya teknologi ini membuat masyarakat menjadi bermalas-malasan dan menganggap semua hal adalah hal yang mudah.

Di zaman sekarang jika orang satu ingin bertemu orang lain, mereka hanya bertatap muka melalui facetime/videocall. Mereka menganggap pertemuan bukanlah hal yang penting lagi karena mereka bisa bertatap muka melalui telfon. Mereka yang jauh merasa sangat beruntung dengan adanya teknologi komunikasi ini. Lain halnya dengan yang dekat, mereka merasa sangat kecewa karena ingin bertemu dan berkomunikasi secara langsung saja sangat susah dilakukan karena majunya teknologi komunikasi ini.

Dalam hal itu, kita harus dapat melakukan hal yang seimbang. Berkomunikasi melalaui telfon ketika tidak sempat atau tidak ada waktu untuk bertemu, tetapi jika ada waktu kita harus bertemu. Kita tidak boleh membiasakan diri untuk mengalir dalam perkembangan teknologi komunikasi. Jika kita sudah terbiasa dengan kemajuan teknologi komunikasi atau berada di zona nyaman, kita tidak dapat menghargai betapa berharganya bertemu dan bertatapan langsung dengan orang yang kita rindukan.

Choose your subject

x

Hi!
I'm Garrett!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out