ANALISA pelanggan, maka pembelinya merasa puas atau amat

Topics: BusinessE-Commerce

Type:

Sample donated:

Last updated: September 24, 2019

 ANALISAPENGUKURAN KEPUASAN PELANGGANPRODUK TASCARRIER EIGER     Nama Anggota:1.

      FadhlulWafi Aria                      (14211047)2.      AgungKurniawan                     (142113.      Galur G.Taufiqi                         (14211079)4.

Don't use plagiarized sources.
Get Your Custom Essay on "ANALISA pelanggan, maka pembelinya merasa puas atau amat..."
For You For Only $13.90/page!


Get custom paper

      WildanAchmad                         (15211009)5.      Hermawan TriSetianto              (15211022)6.      Lesta AdeyunitaPurnomo         (15211088)          7.

     PENDAHULUAN7.1.Latar Belakang Masalah7.2.Manfaat dan TujuanManfaatUntuk menambah wawasan dan pengetahuandalam penelitian dalam masyarakat lebih memilih produk tas carrier eiger dandapat mengetahui gambaran yang sesungguhnya antara teori yang didapat denganfakta lapangan yang telah dilakukan.

Penulis juga ingin mengetahui tingkatkepuasan masyarakat Indonesia atas produk tas carrier eiger.Penelitian ini dapat menjadi salah saturujukan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.TujuanPenelitianini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas produk tascarrier eiger.  8.      LANDASAN TEORI8.1.

Kualitas ProdukKualitas merupakan suatu produk dan jasa yangmelalui beberapa tahapan proses dengan memperhitungkan nilai suatu produk danjasa tanpa adanya kekurangan sedikitpun nilai suatu produk dan jasa, danmenghasilkan produk dan jasa sesuai harapan tinggi dari pelanggan.Untuk mencapai kualitas produk yang diinginkanmaka diperlukan suatu standarisasi kualitas. Cara ini dimaksudkan untuk menjagaagar produk yang dihasilkan memenuhi standar yang telah ditetapkan sehinggakonsumen tidak akan kehilangan kepercayaan terhadap produk yang bersangkutan.Pemasar yang tidak memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan akanmenanggung tidak loyalnya konsumen sehingga penjualan produknya pun akancenderung menurun. Jika pemasar memperhatikan kualitas, bahkan diperkuat denganperiklanan dan harga yang wajar maka konsumen tidak akan berpikir panjang untukmelakukan pembelian terhadap produk(Kotler danAmstrong, 2008). 8.2.Kepuasan Konsumen, dllPengertianKepuasan Pelanggan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi nya Menurut Para ahliKepuasanPelanggan menurut ahli MenurutKotler dan Armstrong (2001:9) : Kepuasan konsumen adalah sejauh mana anggapankinerja produk memenuhi harapan pembeli.

Bila kinerja produk lebih rendahketimbang harapan pelanggan, maka pembelinya merasa puas atau amat gembira. MenurutZeithaml dan Bitner (2000:75) definisi kepuasan adalah : Respon atau tanggapankonsumen mengenai pemenuhan kebutuhan. Kepuasan merupakan penilaian mengenaiciri atau keistimewaan produk atau jasa, atau produk itu sendiri, yangmenyediakan tingkat kesenangan konsumen berkaitan dengan pemenuhan kebutuhankonsumsi konsumen. MenurutPasuraman, Zeithaml, dan Berry6 , mengemukakan bahwa kepuasan pelangganadalah perasaan pelanggan terhadap satu jenis pelayanan yang didapatkannya . MenurutPhilip Kotler dan Kevin Lane Keller  yangdikutip dari buku Manajemen Pemasaran mengatakan bahwa Kepuasan Konsumen adalahperasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja(hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan (2007:177).

 Kepuasankonsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yangdia terima dan harapannya (Umar, 2005:65). Seorang pelanggan, jika merasa puasdengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannyamenjadi pelanggan dalam waktu yang lama. MenurutPhilip Kotler (2002: 42) “Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewaseseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (atauhasil) suatu produk dan harapan-harapannya”. Sedangkanmenurut Zulian Yamit (2005: 78) “Kepuasan konsumen merupakan evaluasi purnabeli atau hasil evaluasi setelah membandingkan apa yang dirasakan denganharapannya”. Dalam konsep kepuasan konsumen, terdapat dua elemen yangmempengaruhi yaitu harapan dan kinerja. Faktor-Faktoryang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan menurut ahli Zeithmaldan Bitner (2003) mengemukakan bahwa kepuasan adalah konsep yang jauh lebihluas dari hanya sekedar penilaian kualitas pelayanan, namun juga dipengaruhioleh faktor-faktor lain yang dapat dijelaskan sebagai berikut:1.

Kualitaspelayanan atau jasa, yaitu konsumen akan merasa puas apabila mereka mendapatkanpelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan.2. Kualitasproduk, yaitu konsumen akan merasa puas apabila hasil mereka menunjukkan bahwaproduk yang mereka gunakan berkualitas.3. Harga,yaitu produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan harga yangrelatif murah akan memberikan nilai yang lebihtinggikepada konsumen.4.

Faktorsituasi, yaitu keadaan atau kondisi yang dialami oleh konsumen.5. Faktorpribadi dari konsumen, yaitu karakteristik konsumen yang mencakup kebutuhanpribadi.

  Faktor-faktoryang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen – Dalam menentukan kepuasan konsumen adalima faktor yang harus diperhatikan oleh perusahaan (Lupyoadi, 2001) antaralain : a. Kualitasproduk, yaitu pelanggan akan merasa puas bila hasil mereka menunjukkan bahwaproduk yang mereka gunakan berkualitas.b. Kualitaspelayanan atau jasa, yaitu pelanggan akan merasa puas bila mereka mendapatkanpelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan.c. Emosi,yaitu pelanggan akan merasa bangga dan mendapatkan keyakinan bahwa orang lainakan kagum terhadap dia bila menggunakan produk dengan merek tertentu yangcenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

Kepuasan yang diperolehbukan karena kualitas dari produk tetapi sosial atau self esteem yang membuatpelanggan merasa puas terhadap merek tertentu.d. Harga,yaitu produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan harga yangrelatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan.e. Biaya,yaitu pelanggan yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlumembuang waktu untuk mendapatkan suatu produk atau jasa cenderung puas terhadapproduk atau jasa tersebut. MenurutIrawan (2004 : 37), faktor – faktor yang pendorong kepuasan pelanggan adalahsebagai berikut:1.

Kualitasproduk, pelanggan puas kalau setelah membeli dan menggunakan produk tersebutternyata kualitas produknya baik.2. Harga,untuk pelanggan yang sensitive, biasanya harga murah adalah sumber kepuasanyang penting karena pelanggan akan mendapatkan value for money yang tinggi.3.

Servicequality, kepuasan terhadap kualitas pelayanan biasanya sulit ditiru. Kualitaspelayanan merupakan driver yang mempunyai banyak dimensi, salah satunya yangpopular adalah SERVQUAL.4.Emotional Factor, pelanggan akan merasa puas (bangga) karena adanya emosionalvalue yang diberikan oleh brand dari produk tersebut.5. Biayadan kemudahan, pelanggan akan semakin puas apabila relative mudah, nyaman danefisien dalam mendapatkan produk atau pelayanan.

 Faktor-faktoryang mempengaruhi persepsi dan harapan pelanggan menurut Gaspersz dalam(Nasution, 2005 : 50) adalah sebagai berikut:1.Kebutuhan dan keinginan yang berkaitan dengan hal-hal yang dirasakan pelangganketika ia sedang mencoba melakukan transaksi dengan produsen/pemasok produk(perusahaan). Jika pada saat itu kebutuhan dan keinginannya besar, harapan atauekspektasi pelanggan akan tinggi, demikian pula sebaliknya.2.Pengalaman masa lalu ketika mengkonsumsi produk dari perusahaan maupunpesaing-pesaingnya.3.

Pengalaman dari teman-teman, dimana mereka akan menceritakan kualitas produkyang akan dibeli oleh pelanggan itu. Hal ini jelas mempengaruhi persepsipelanggan terutama pada produk-produk yang dirasakan berisiko tinggi.4.Komunikasi melalui iklan dan pemasaran juga mempengaruhi persepsi pelanggan.Orang-orang di bagian penjualan dan periklanan seyogianya tidak membuatkampanye yang berlebihan melewati tingkat ekspetasi pelanggan.9.      HASIL DAN PEMBAHASAN9.1.

Profil Barang atau Jasa yang disurveyPT Eigerindo Multi Produk Industri atau yang dikenal sebagai Eigermerupakan perusahaan manufaktur dan retail peralatan petualangan alam terbukayang terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 oleh RonnyLukito di Bandung. Nama perusahaannya, Eiger, terinspirasi dari gunung Eiger,yakni gunung yang terletak di Bernese Alps, Swiss, berketinggian 3.970 m diatas permukaan laut. Berawal dari fasilitas yang sangat terbatas, Eigermeluncurkan produk tas dengan hanya dua mesin jahit. Jalan Cihampelas no. 22Bandung adalah saksi bisu dirintisnya usaha tersebut, yang kemudian dibuka pulasebuah mini-toko tas di tempat yang sama.Perusahaan kami memproduksi tas dan peralatan petualangan, yang manaterbagi dalam tiga brand utama, yakni Eiger dengan positioning gaya hidupberpetualang (lifestyle adventure), Bodypack dengan positioning e-lifestyle,dan Nordwand dengan positioning kehidupan alam terbuka (outdoor living).

Brandkami dikenal luas sebagai brand lokal yang sangat terkemuka di Indonesia. Padatahun 2009, kami terdaftar sebagai Top 250 Indonsia Original Brands oleh sebuahmajalah bisnis terkenal, Swa. Hal tersebut membuktikan kerja keras, tekad kuat,dan komitmen kami dari waktu ke waktu dalam rangka meraih kualitas unggul dannama baik.Awal mula sebagai toko dan produksi kecil dengan hanya dua mesin jahitdi jalan Cihampelas 22, enam belas tahun yang lalu, telah berkembang menjadimarket leader dalam bisnis tas dan peralatan petualangan di Indonesia. Sampaisaat ini, kami telah mempunyai 3 Flagship Stores, 34 showroom, dan 81 countertersebar di seluruh wilayah Indonesia.VISI:Menjadi perusahaan retail globalyang visioner di dalam bisnis adventure dan e-lifestyle yang diberkati danmemberkati.MISI:a.

      Berinvestasi dalam Sumber Daya Manusia denganmemberdayakan karyawan sebagai mitra untuk mengembangkan karakter, kompetensi,dan kepedulian sesuai dengan panggilannya untuk menjadi manusia yang signifikandan bahagia.b.     Mengembangkan jaringan retail modern dengansistem franchise, e-commerce, distributorship,dan sistem lisensi sebagaistrategi distribusi global.c.      Mengembangkan bisnis (produk dan jasa) dalambidang technical adventure, travelingadventure, dan lifestyle adventure.

d.     Mengembangkan bisnis e-lifestyledi cybermarket.e.      Membentuk organisasi dan budaya perusahaanyang unggul dan dapat menjadi perusahaan kelas dunia dengan didukung olehinovasi dan teknologi yang terkini.

f.      Mengembangkan produk dan pelayanan yangberkualitas tinggi untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Menjadiperusahaan yang mempunyai peran signifikan dalam:a.      Program peduli ekosistem globalb.     Sosial budaya globalc.

      Program peduli cyber place global 9.2.Hasil dan Analisa10.  KESIMPULAN DAN SARAN10.

1.               Kesimpulan10.2.               Saran DAFTARPUSTAKA1.

     https://agusseptianheryanto.wordpress.com/2015/09/09/profil-perusahaan-pt-eigerindo-multi-produk-industri/2.     http://pandri-16.

blogspot.co.id/2012/10/sejarah-awal-berdiri-eiger-pt-eigerindo.html3.     http://infodanpengertian.blogspot.

co.id/2015/11/pengertian-kualitas-pelayanan-menurut.html4.

     http://adityolaksono26.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-kepuasan-pelanggan-dan.html5.

     https://surabaya.proxsisgroup.com/pengertian-produk-definisi-kualitas-produk-dan-dimensi-kualitas-produk/6.       LAMPIRAN                 Kepada Yth.Dosen Pengampu Mata KuliahPraktik Mengukur Kepuasan PelangganD3 Ekonomi Universitas Islam Indonesia  Perihal: Surat Pernyataan Kerja Kelompok  Assalamu’alaikum.

Wr. Wb.Bersama dengan surat ini, Saya yang bertanda tangan dibawah ini: Nama     :NIM       :Kelas      : Selaku Ketua Kelompok Mata Kuliah Praktik Mengukur Kepuasan Pelanggan,menyatakan bahwa anggota kelompok kami benar – benar mengerjakan tugas kelompokdan membantu kelompok secara keseluruhan. Anggota kelompok kami adalah sebagaiberikut: 1.      A2.     G3.

     W4.     H5.     L Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya untukdapat diketahui.Wassalamu’alaikum Wr.

Wb.                                                                         Yogyakarta,                                                                        Hormatsaya,  

Choose your subject

x

Hi!
I'm Jessica!

Don't know how to start your paper? Worry no more! Get professional writing assistance from me.

Click here