Jaman Bahkan beberapa menambahkan hari Sabtu menjadi hari

Topics: Free samples

Type:

Sample donated:

Last updated: March 23, 2019

Jaman sekarang inibanyak sekolah-sekolah di Indonesia yang menerapkan sistem belajar 5 hari dalamseminggu dan memakai waktu 8 jam per harinya. Yang biasa kita lihat adalahsekolah dari jam 7 pagi hingga jam 3 sore. Sekolah-sekolah khususnya SMA Negerimemakai sistem ini.

Bahkan beberapa menambahkan hari Sabtu menjadi hari efektifsekolahnya. Sementara di lain sisi, beberapa SMA Swasta menerapkan sistem yangberbeda dengan negeri. Karena hal ini pastinya ada perbedaan yang dirasakanoleh siswa-siswa sendiri dalam berbagai hal seperti waktu bermain, waktubelajar bersama, dan waktu-waktu di luar sekolah lainnya.Bersekolah di sekolahswasta yang menerapkan sistem sekolah yang berbeda, penulis punya pengalamanyang berbeda dari teman-teman penulis yang bersekolah di sekolah negeri.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

SMApenulis adalah SMA yang menerapkan sistem belajar 6 hari dalam seminggu danpunya waktu yang berbeda-beda tiap harinya. Di hari Senin, Jumat, dan Sabtupenulis bersekolah dari jam 7 hingga jam 12 siang sedangkan hari Selasa sampaiKamis Penulis bersekolah dari jam 7 hingga jam 2 siang. Sistem ini sangatpenulis rasa nyaman karena penulis punya waktu di luar kelas yang banyak danpenulis dapat berlatih membagi waktu dengan baik, kapan harus main dan belajar.Tentu dengan waktu yang berbeda ini penulis punya waktu istirahat yang lebihbanyak daripada teman-teman penulis yang bersekolah di negeri. Setelah penulistanyakan ke teman-teman penulis yang bersekolah di negeri, mereka sangat tidaksuka dengan sekolah 6 hari karena menurut mereka Sabtu bukan hari sekolah danseharusnya hari istirahat.

Tetapi dengan jam belajar setiap harinya yang lebihsedikit penulis dan siswa-siswa di SMA penulis punya tantangan dalam pembagianwaktu yang bisa jadi terlalu banyak main. Itu merupakan konsekuensi bersekolahdi sekolah yang punya jam belajar per harinya lebih sedikit. Tapi itu merupakansalah satu cara kita bisa berkomitmen dalam mengelola waktu kita. Penulispertama kali berpikir bahwa sekolah yang menerapkan sistem sehari 8 jam inihanya akan menjenuhkan siswa saja. Tetapi setelah banyak bertanya kepada temanakhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa yang berpengaruh adalah bagaimanacara siswa tersebut membagi waktunya dalam belajar.

Sekolah penulis adalah SMAKolese Gonzaga yang berada di Jakarta. SMA penulis tersebut terhitung mulai tahunajaran 2017/2018 sudah menggunakan sistem belajar yang berbeda dan di hariSabtu sudah tidak masuk tetapi pelajarannya ditambah tetapi tetap tidak adayang sampai jam 3 sore. Menurut penulis bersekolah dengan sistem masuk Sabtudan bersekolah lebih sebentar atau <8 jam lebih efektif yang <8 jamkarena banyak yang bisa di dapat dan bisa menambah kepandaian kita membagiwaktu serta lebih menghemat tenaga dibanding 8 jam per harinya.III.           Kesimpulan Penerapan sistem belajar8 jam mempunyai perbedaan dengan sistem belajar kurang dari 8 jam. Selain dijam sekolah adapun perbedaan di bidang non akademis seperti pembagian waktubermain dan belajar. Setelah penulis simpulkan, penerapan belajar 8 jam lebihmembuat siswa letih sehingga saat sampai di rumah dapat menjadi lebih tidakproduktif dibanding yang bersekolah kurang dari 8 jam.

Choose your subject

x

Hi!
I'm Garrett!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out