Masyarakat secara substansial merupakan nilai dan norma yang

Topics: Free samples

Type:

Sample donated:

Last updated: September 25, 2019

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakatdengan tingkat keanekaragaman yang sangat kompleks. Setiap suku bangsa diIndonesia yang jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan mempunyai kekayaanpemikiran, sikap dan perilaku yang tertuang dalam berbagai wujud kebudayaan.Sebagai negara yang multietnik, Indonesia didiami oleh sekitar 1028 etnik(menurut BPS) yang menggunakan bahasa lokal atau bahasa daerahnyasendiri-sendiri. Jumlah bahasa mencapai sekitar 746 bahasa.

Multikulturalisme adalahistilah yang digunakan untuk menjelaskan pandangan tentang ragam kehidupan didunia, atau kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan tentang adanyakeragaman, kebhinekaan, pluralitas, sebagai realitas utama dalam kehidupanmasyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem sosial- budaya, dan politik yangmereka anut. Dengan latar belakang itu,multikulturalisme menjadi sangat menarik untuk didiskusikan secara akademik,Kearifan lokal secara substansialmerupakan nilai dan norma yang berlaku dalam suatu masyarakat yang diyakinikebenarannya dan menjadi acuan dalam bertindak dan berperilaku sehari-hari.Dengan kata lain, kearifan lokal adalah kemampuan menyikapi dan memberdayakanpotensi nilai-nilai luhur budaya setempat.

Don't use plagiarized sources.
Get Your Custom Essay on "Masyarakat secara substansial merupakan nilai dan norma yang..."
For You For Only $13.90/page!


Get custom paper

Oleh karena itu, kearifan lokalmerupakan entitas yang sangat menentukan harkat dan martabat manusia dalamkomunitasnya (Geertz, 2002;19). Perilaku yang bersifat umum dan berlaku dimasyarakat secara meluas, turun temurun, akan berkembang menjadi nilai-nilaiyang dipegang teguh, yang selanjutnya disebut sebagai budaya. Kearifan lokaldidefinisikan sebagai kebenaran yang telah mentradisi atau ajeg dalam suatudaerah (Gobyah, 2003).Menyongsong Generasi Emas 2045Untukmenempuh indonesia emas pada tahun 2045 tentunya dibutuhkan banyak tahapan danlangkah – langkah yang komprehensif dan tepat.

Dibutuhkan kerja sama antarpenduduk indonesia dan serta pemimpin yang mampu menahkodakan tujuan atau visiindonesia emas 2045. Dalam hal ini dibutuhkan suatu pemimpin yang visioner,bersih dan jujur, mampu menggerakkan masyarakat, serta pemimpin yang mampumempertahankan nilai – nilai kearifan lokal yang dimiliki oleh indonesia,sehingga kemungkinan untuk tercapainya visi indonesia emas 2045 lebih besar. Padagenerasi 2045 akan indonesia akan menghadapi banyak tantangan yaitu tantanganpembangunan yang berupa dari dalam maupun luar. Tantangan dari dalamdiantaranya yaitu adanya isu – isu tentang pemerataan pembangunan, banyakprogram pemerataan pembangunan di sumatra maupun jawa dan jika hal ini tidaksegera ditangani oleh pemerintah maka akan menjadi sebuah masalah yang seriusyang tentunya akan mengarah pada disintegrasi bangsa. Sedangkan tantangan dariluar yaitu berupa keterbukaan masyarakat global atau pengaruh globalisasi karena berkembangnya teknologi yang begitu pesat membuat banyakmasyarakat menjadi bertingkah laku yang berbeda dari yang semestinya. Pemimpinindonesia emas pada tahun 2045 tentunya harus memiliki jiwa yang besar serta mampumenyatukan dan merangkul kepentingan bersama semua pihak.

Tahun 2045akan menjadi masa perwujudan cita-cita mulia bagi segenap bangsa. Karena itu,apa yang telah menjadi pencanangan generasi emas yang pancasilais di tahuntersebut harus benar-benar dipersiapkan sedari sekarang dan harustersosialisasi secara holistik disegenap lapisan kehidupan masyarakatIndonesia. Fenomena-fenomena sosial yang terjadi saat ini merupakan gambarankemerosotan akhlak/moral yang tidak saja terjadi dikalangan petinggi negaraakan tetapi lebih parah lagi juga terjadi dikalangan para pelajar. Seolah-olahbangsa ini tidak lagi mengedepankan karakter bangsa Indonesia yang sesungguhyaitu Pancasila.

Tentunya kondisi ini tidak sepatutnya dibiarkanberlarut-larut. Segenap perilaku masyarakat harus dikembalikan kepada hakikatideologi bangsa (Pancasila), agar apa yang diamanatkan dalam undang-undangdapat terwujud dimasa mendatang dalam menjadi bangsa Indonesia menjadi bangsayang besar, berdaulat, dan berkarakter di mata dunia. Pengembalian ini tentunyaharus dimulai dari dini melalui atmosfer pendidikan baik lingkungan kerluarga,sekolah, maupun masyarakat. Dan fungsi fungsi Pancasila telah terbukti mampumempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari perpecahan. Karenaitu, “generasi emas 2045? haruslah generasi NKRI yang genius dan Pancasilais.

Choose your subject

x

Hi!
I'm Jessica!

Don't know how to start your paper? Worry no more! Get professional writing assistance from me.

Click here