Perbedaan masing-masing ajarannya?. Melalui film PK , satu

Topics: ReligionIslam

Type:

Sample donated:

Last updated: September 20, 2019

Perbedaanplanet akan menyebabkan perbedaan dalam menjalani kehidupan. Manusia yangtinggal di planet Bumi, ada yang tidak memiliki agama dan kepercayaan, danmereka bergantung kepada alam semesta. Ada yang percaya kepada benda-benda, danroh halus. Ada juga yang memiliki agama dan kepercayaan kepada Tuhan. Berbicaratentang agama dan Tuhan, timbul begitu banyak pertanyaan. Siapa Tuhan?, Adaberapa banyak Tuhan?,Tuhan manakah yang harus disembah?, Apa pentingnya sebuahAgama?, Mengapa begitu banyak jenis Agama?, Mengapa sering terjadi pertikaianantar Agama?, Agama apakah yang paling benar?, dan masih banyak lagi pertanyaanyang bisa diajukan. Untuk menjawab semua pertanyaan itu, haruskah kita mengikutiseluruh agama yang ada, dan kemudian mengikuti masing-masing ajarannya?.Melaluifilm PK , satu persatu pertanyaan saya mulai terjawab.

Sebuah film yangmenampilkan kisah perjalanan seorang alien mencari kebenaran akan sosok Tuhandan Agama, serta dilengkapi dengan  dramapercintaan beda keyakinan. Menurut saya, ini adalah film yang bisa membuka matadan pikiran kita mengenai keyakinan dan kepercayaan terhadap Tuhan yang kitasembah dan Agama yang kita anut. Apakah saat ini kita sudah beriman kepadaTuhan yang menciptakan seluruh alam dan manusia? Atau justru kita juga terjebakdalam permainan Wrong Number yang diciptakan oleh mereka yang mengakusebagai Pemuka Agama atau Utusan Tuhan?.Dalammenjalani kehidupan, ada banyak sekali agama dan keyakinan yang bisa kitajumpai. Ada agama Islam yang populasinya sangat banyak. Ada juga agama Kristenyang terbagi menjadi Katholik dan Protestan.

Don't use plagiarized sources.
Get Your Custom Essay on "Perbedaan masing-masing ajarannya?. Melalui film PK , satu..."
For You For Only $13.90/page!


Get custom paper

Ada juga agama Hindu, Budha,Konghucu, Yahudi, dan mungkin masih banyak lagi.Kita percaya bahwa agama yangkita pegang adalah agama yang benar yang datang dari Tuhan. Lalu kenapa adabanyak perbedaan disetiap agama?, masing-masing agama memiliki cara yangberbeda-beda untuk mengagungkan Tuhan. Kita tahu bahwa Tuhan adalah sangpencipta yang menciptakan seluruh alam beserta isinya termasuk kita paramanusia. Melihat semua itu, tentu kita berfikir mengapa perbedaan ini muncul,apakah Tuhan lebih dari satu?, dan setiap agama memiliki satu Tuhan. Jika Tuhanhanya satu, tapi mengapa cara meyembah Tuhan berbeda-beda.

Ada yang menyembahTuhan di Mesjid dan Mushalla, ada yang menyembah Tuhan di Gereja, Ada yangmenyembah Tuhan di Kuil. Itu menandakan ada banyak kepercayaan, perbedaan, danada banyak Tuhan. Setiap agama punya pemuka agama yang berbeda-beda, tapi semuaorang hanya punya satu agama saja, dan punya satu tempat ibadah untuk menyembahTuhan. Tak ada satupun manusia yang bertemu dengan Tuhan.

Tapi semua perintahTuhan disampaikan oleh Pemuka Agama. Dan apakah Pemuka Agama sudah benar dalammenyampaikan ajaran Tuhan?.Menurutsaya, perbedaan keyakinan dan kepercayaan yang kita anut seharusnya tidakmenjadi pertengkaran dan permusuhan antar sesama manusia. Satu pernyataan yangmenarik yang saya temukan dalam film ini yang menyatakan bahwa “Semua MuslimMunafik”. Bukankah pernyataan tersebut akan menyudutkan penganut Muslim didunia. Apakah ini yang diajarkan Tuhan? Membuat antar sesama manusia salingmembenci dan mengunggulkan agama masing-masing. Saya menyatakan ini tidaklahbenar. Karena saya meyakini bahwa Tuhan tidak mungkin membuat hambanya salingbermusuhan.

Ini adalah kesalahpahaman yang diciptakan para Pemuka agama untukmenanamkan sebuah pemikiran didalam pikiran pengikutnya bahwa kepercayaan yangmereka anut adalah yang paling benar dari semua kepercayaan yang ada. Inilahkesalahan yang paling besar yang terjadi didalam kehidupan antar beragama.Dimana situasi dan kondisi sering kali disalah artikan oleh Pemuka agama kepadapengikutnya yang menjadikan permusuhan dikalangan antar umat beragama. Agamaadalah masalah pribadi yang menyangkut keyakinan masing-masing individu. Semua orangbutuh Agama dan Tuhan untuk menghadapi kehidupan.

Sebab, dengan percaya kepadaTuhan mereka akan mempunyai harapan dalam hidup. Tuhan tidak pernah memberikanperbedaan kepada manusia manapun. Karena Tuhan hanya menginginkan bahwa setiapmanusia tunduk dan patuhlah terhadap ajarannya dan tanpa terkecuali. Ketikaagama  sering dikaitkan denganpenampilan, itu juga bukan ajaran dari Tuhan.

Sebab manusialah yang menciptakanperbedaan itu sendiri.Akhirnya,saya katakan bahwa ini adalah film yang sangat bagus. Seharusnya semua orang wajibmenonton film ini yang bisa membuka pikiran nurani setiap individu akankebenaran Agama dan Tuhan. Menurut pandangan saya, kepercayaan yang akhirnyadiyakini oleh pemeran PK adalah kepercayaan yang lebih mendekatkan kepadaajaran Islam.

Hal ini sangat jelas digambarkan pada bagian akhir cerita. Melaluifilm ini saya menyimpulkan bahwa hanya ada Satu Tuhan di dunia ini. Yaitu Tuhanyang menciptakan seluruh alam beserta isinya. Setiap manusia tidak pernah tahu soalTuhan yang menciptakan manusia. Walaupun begitu, kita harus tetap mempercayaikeberadaan-Nya di hidup kita. Dan mengenai Agama, Berhati-hatilah dalam MemilihAgama. Sebab dengan agama yang kita yakini akan menghantarkan kita kepada Tuhanyang sebenarnya. Ada baiknya kita tanyakan satu hal ini kepada diri kitamasing-masing.

Apakah agama yang kita yakini sudah membawa kita kepada ajarandari Tuhan yang sebenarnya. Saya pribadi merasa sangat bangga memeluk Islam.Karena saya percaya Islam adalah Rahmatan Lil ‘Alamiin. Berkat film ini, sayajadi tahu bahwa ada banyak penyimpangan yang terjadi didalam agama.

Sepertiyang telah dijelaskan dalam fiilm ini bahwa ada Tuhan yang diciptakan olehmanusia sendiri. Jika Tuhan memang bisa mendengar seluruh keluh kesah hambanya.Tentu kita tidak butuh alat apapun untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Menurutsaya kita hanya membutuhkan kesucian hati, jiwa dan pikiran untuk bisaberkomunikasi dengan Tuhan dan menemukan jawaban dari Tuhan terhadap masalahkehidupan yang sering kita keluh kesahkan pada-Nya.Islamadalah agama yang sangat rendah hati. Didalam ajaran Islam tidak pernahdipersulit untuk berkomunikasi dengan Tuhan.

Islam mempunyai rumah ibadahMesjid atau Mushalla. Didalamnya kita bisa berkomunikasi dengan Tuhan. Tapibukan berarrti jika dirumah kita tidak bisa berkomunikasi dengan Tuhan. Dimanapun kita berada kita bisa berkomunikasi dengan Tuhan, termasuk juga dirumah.

Karena keberadaan Tuhan sangat dekat dengan diri kita, dan dimanapun kitaberada Tuhan bisa mendengar kita. Inilah yang diajarkan Islam.Satu pesan saya yangmungkin bisa dijadikan penyemangat dalam kehidupan beragama, yang juga menjadipenyemangat saya ialah. Pertama, Ajak hati dan pikiranmu menyatu untukmenemukan Agama dan Tuhan yang sesungguhnya. Kedua, Jika kita tidakcukup mampu untuk memprotes kesalah pahaman dalam beragama. Maka cara yangterbaik ialah dengan mencintai agama yang kita yakini ajarannya adalah ajaranyang datangnya benar dari Tuhan.

Yakni dengan menjalankan seluruh perintahnyadan menjauhi seluruh larangannya. Melalui film ini, saya nyatakan bahwa sayabangga memeluk Islam dan menjadi bagian dari Muslim di dunia.

Choose your subject

x

Hi!
I'm Jessica!

Don't know how to start your paper? Worry no more! Get professional writing assistance from me.

Click here